Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa trafik adalah tujuan utama saya membuat blog, tentunya saya juga ingin apa yang saya tulis dapat dibaca orang lain. Bonusnya, postingan saya dapat bermanfaat. Tulisan saya kali ini, sebuah teori sederhana bagaimana cara mendapatkan pengunjung dalam website anda

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa trafik adalah tujuan utama saya membuat blog, tentunya saya juga ingin apa yang saya tulis dapat dibaca orang lain. Bonusnya, postingan saya dapat berguna bagi orang lain. Namun seiring dengan pertumbuhan konten di internet yang ditandai dengan menjamurnya blog atau website, maka saya harus berpikir keras bagaimana memperoleh pengunjung di website saya. Hal pertama yang saya pikirkan tentu saja harus bersaing dengan kompetitor di search engine.

Pasalnya sudah banyak yang memberikan saran, tips dan trik, lalu muncul istilah SEO, blogwalking, SEM, FbAds Traffic, dan masih banyak lagi yang membuat kepala orang awam seperti saya mumet. Mari kita mulai dengan sebuah teori ringan nan sederhana.

a-preamble

Dipungkiri atau tidak lalu lintas kunjungan website, adalah bagian pemasaran online yang paling penting. Lalu lintas inilah yang membuat kita “bisa di bilang” sukses secara bisnis online. Without it, we’re going to be starving in the world of Internet marketing.

Sudah menjadi kewajiban bagi para digital marketers untuk selalu memahami dan belajar trik baru untuk membangun traffic. Banyak orang telah melakukan hal semacam ini selama bertahun-tahun dan dapat dengan cepat membangkitkan minat dengan mengeposkan video atau konten lainnya dalam web mereka. Merekalah para kompetitor anda, Those are the people who are usually competing for you for eyeballs, especially if they’re in the same of your market niche.

Jadi, pertama-tama cari tahu terlebih dahulu tentang siapa kompetitor anda yang berada di puncak search engine (google, yahoo, bing) untuk kata kunci yang Anda targetkan. Jadi pertama saya akan pergi ke Google dan memasukkan kata kunci yang saya targetkan. Kemudian saya akan menelusuri lima halaman pertama hasil pencarian untuk melihat siapa yang mendapatkan peringkat teratas. Inilah website yang akan saya lawan.

Setelah mendapatkan data kompetitor, gali lebih dalam untuk apa yang mereka sajikan, sehingga anda berfikir untuk menyalinnya sehingga orang-orang yang tidak menemukan informasi dalam konten mereka, menemukan website anda sebagai gantinya.

Kemudian setelah anda mempelajari sajian kontennya, lalu perhatikan apa yang membuat mereka terlihat menarik di mata visitors. Hal ini bisa dilakukan dengan melihat artikel, video, segala jenis media sosial yang mereka gunakan. Saya rasa, ini bisa sangat efektif karena banyak pekerjaan yang menarik perhatian sudah anda pikirkan. So, you just have to hijack that attention back to your site instead.

Knowing that, anda bisa mulai mengunjungi situs mereka untuk mengetahui apakah anda dapat menemukan cara untuk menggunakan popularitas mereka untuk meningkatkan popularitas Anda. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan pergi ke setiap situs dan melihat apakah mereka memiliki blog yang dapat anda komentari, forum diskusi yang dapat anda tambahkan komentar, atau cara lain untuk men-submit nama dan url website anda kedalam website komepitor kita, inilah yang disebut dengan blog walking.

Sampai disini anda sudah menyadari bahwa semakin banyak link website kita dalam website orang lain, maka semakin populer keberadaan website kita di mata search engine. Inti dari tulisan saya kali ini adalah pahami website anda, pahami terlebih dahulu kata kunci yang akan digunakan oleh calon pengunjung dalam proses menemukan website anda.

Setelah itu, pahami sajian yang diberikan oleh kompetitor anda. Berikan sajian yang lebih menarik maka pengunjung akan mulai untuk melirik website anda. Saya sangat tidak mengajurkan penggunaan konten plagiarisme dalam perjalanan anda membangun sebuah website.