Image credit: Tero Vesalainen

S1E1: Persiapan | Mengelola & Mendapatkan 10.000 Subscribers Pertama

Apakah anda seorang pengusaha yang ingin mendapatkan 10.000 pelanggan pertama? Atau jika anda sudah memiliki pelanggan namun masih bertanya tanya bagaimana cara mengelola pelanggan kita?

Halo, jadi ini adalah tulisan pertama saya untuk series Menglola & Mendapatkan 10.000 subcribers Pertama, untuk tulisan kali ini lebih banyak pendahuluan dan mungkin banyak bagi sebagian besar teman teman mendapatkan customer dalam jumlah 10.000 adalah jumlah yang tidak sedikit dan mungkin dari teman teman sendiri sudah memiliki jumlah pelanggan diatas itu. Pada Pendahuluan kali ini saya akan mulai dari sesuatu yang simple terlebih dulu. Well, mungkin untuk selanjutnya kata “subscribers” disini kita ganti dengan pelanggan usaha. Mungkin banyak yang mengira ini hanya untuk mendapatkan subscribers dari YouTube, padahal apa yang saya paparkan disini adalah untuk pelanggan dalam lingkup keseluruhan bisnis.

Pertama, disini saya akan mengupas tentang bagaimana membuat email list yang benar. Karena ketika kita membangun daftar email pelanggan kita tanpa kita sadari sebenarnya kita juga akan membangun keseluruhan platform bisnis, dari email kita dapat berkomunikasi dengan pelanggan dari berbagai segmentasi. Disamping itu dari email yang kita kirimkan secara berkala kepada seluruh daftar pelanggan yang telah kita miliki, kita sebenarnya juga sedang mem-branding­  produk kita.

Kedua, tujuan saya membuat serial ini adalah untuk memberikan semacam speed course bagi teman teman yang ingin belajar mengenai membangun dan mengelola pelanggan melalui internet marketing. Tentu disini saya mencoba menawarkan sesuatu yang baru. Bagi teman teman yang sudah tau caranya juga bisa ikut untuk berbagi dan berdikusi.

Kedua hal itu lah yang mendasari saya menulis mengenai series ini. Selanjutnya masuk ke tahap persiapan. Berbicara megenai persiapan yang dibutuhkan disini ada yang bersifat opsional dan ada yang bersifat wajib anda buat. Jika anda belum memilikinya, saya sarankan untuk membuat, jika anda sudah punya mungkin anda akan dapat lebih dioptimalkan.

Hal pertama yang wajib anda miliki adalah sebuah website atau sebuah blog seperti yang saya miliki saat ini. Jangan anda berfikir saya harus membuat website professional dengan budget yang mahal. No, mulailah dengan anggaran yang anda miliki. Sebuah blog sederhana dari blogger dan wordpress akan sangat berguna jika anda mengetahui bagaimana cara mengoptimalkannya.

Dan selanjutnya anda harus memiliki sebuah Facebook page, dan paling tidak mempunyai 2 atau 3 media sosial selain facebook. Akun bisnis Instagram juga merupakan pilihan yang bagus. Untuk ini tanpa saya jelaskan panjang lebar, anda sudah pasti tahu alasannya. Ya, bagaimana mungkin calon pelanggan anda datang kepada anda jika mereka belum menemukan anda. Sosial media juga merupakan salah satu tool  sangat membantu bisnis anda.

Jika anda sudah memiliki itu semua, mulailah dengan cerita anda. Tapi tunggu dulu, blog disini tidak harus melulu tentang teks dan tulisan yang dapat anda copy-paste dari website orang lain. Kita berbicara tentang konten sebuah website/blog yang dinamis. Mulailai dengan apa yang ada dalam isi kepala anda terlebih dahulu.

Be safe, Be originals. Ini adalah hal yang paling sulit, dan kita dituntut untuk konsisten dalam menyelesaikan konten yang akan kita sajikan dalam blog kita, like a menu on the tables. Saya tidak berbicara SEO, tapi minimal 2 kali dalam satu minggu itu lebih baik  usahakan ada pembaharuan tiap minggunya.

So, itu mungkin yang kita butuhkan untuk tahap awal, adakah diantara teman teman yang berfikir ini sesuatu yang berat? Untuk anda yang belum terbiasa mungkin akan bilang begitu, namun kita akan belajar perlahan sampai anda terbiasa. Bagi anda yang sudah memahami konsep sebuah konten website ini akan menjadi mudah bagi anda, inti disini adalah tidak ada cara instan untuk meraih apa yang kita harapkan. Berapa banyak customer yang akan datang kepada anda itu juga ditentukan oleh anda sendiri.

Ketika anda mulai bertanya, untuk apa dan siapa sebenarnya konsep ini? Seperti yang sudah saya utarakan di awal semua konsep bisnis yang ingin memenangkan persaingan digital memerlukan konsep ini, saya ambil contoh anda adalah sebuah konsultan, bagaimana anda menyapa pelanggan yang telah menggunakan jasa anda? Bayangkan dengan cara ini anda dapat mengirim email dengan sekali klik dan terkirim ke seluruh database yang anda miliki.

Anda dapat menawarkan produk yang baru, memberikan diskon, atau untuk tujuan affiliate marketing agar pelanggan yang sudah menggunakan jasa anda merekomendasikan produk anda kepada rekannya yang belum menggunakan produk anda. It’s so simple, but most powerful strategy, right?

Salah satu strategi yang saya buka yaitu menggunakan newsletter, bagaimana jika anda dapat memadukannya dengan social media presence, guest blogging, webinar, interview, dan banyak cara lainnya yang akan saya ungkap di tulisan tulisan saya yang lainnya.

Jika anda memiliki sebuah pengalaman yang ingin dibagikan silahkan komentar atau menghubungi saya melalui contact form.