Cara Mendapatkan trafik ke website memang susah susah gampang, apalagi dengan persaingan kompetitor yang semakin ketat. Pada artikel kali ini saya akan coba membagikan tentang market research yang dapat membantu anda untuk mengetahui target pasar anda dan tentunya dapat menaikkan pengunjung website anda.

Setelah anda memahami artikel saya Trik sederhana ini bisa menaikkan pengunjung website anda. Maka saya asumsikan anda telah mempraktikkan cara tersebut. Jadi langsung saja ke pembahasan kali ini sebuah riset pasar yang lebih mendalam untuk meningkatkan pengunjung website anda.

Cara terbaik untuk melakukan riset pasar adalah memperhatikan pesaing anda dan melihat apa yang mereka lakukan, ada sejumlah cara yang berbeda untuk mendapatkan informasi kompetitor tersebut, dan kemudian menggunakannya untuk kebutuhan promosi bisnis anda. Itu butuh kerja dan ketekunan. Namun, pikirkan seberapa cepat trafik Anda dapat tumbuh jika anda berhasil menemukan situs yang dengan cepat dalam membangun audiens dan konten Anda, bersama dengan link balik ke situs anda, termuat di seluruh laman mereka. Anda akan dengan cepat memperbesar visibilitas situs anda, dan anda akan melihat hasil usaha Anda.

Baca: Internet Traffic: a simple Theory

Berikut ini cara step by step, untuk melakukan riset pasar anda, secara metodologis dengan memanfaatkan waktu yang anda miliki untuk menaikkan jumlah pengunjung website anda:

  1. Pahami niche pasar anda dan keyword yang anda targetkan.
  2. Kunjungi google, dan mulailah untuk mengetikkan kata kunci yang anda targetkan.
  3. Kunjungi top sites untuk keyword yang anda targetkan. Perhatikan, apakah anda dapat menambahkan konten & backlink ke itus anda, agar anda dapat meningkatkan jumlah pengunjung website anda.
  4. Buat list untuk topik yang paling popular pada website kompetitor anda.
  5. Ambil beberapa yang menurut anda menarik untuk diterapkan ke website anda.
  6. Anda bias mengunjungi alexa.com untuk mengetahui audiens.
  7. Gunakan quantcast.com untuk mengetahui sebaran demografi users dan situs lain yang terkaitdengan konten yang sedang populer tersebut.
  8. Bangun struktur konten yang mirip dengan topik popular, untuk meningkatkan jumlah pengunjung website anda.
  9. Submit link url anda ke dalam komentar blog kompetior, bahwa anda juga menuliskan artikel serupa namun dengan nuansa yang berbeda.
  10. Balas interaksi dalam komentar yang anda bangun dalam website kompetitor.

Getting out of the circle

Agar mudah dalam belajar bagaimana cara mensimulasikan arus lalu lintas online anda, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mendapatkan gambaran umum dari semua jenis lalu lintas yang ada, jadi kita mengerti bagaimana cara bergerak. Berikut ini adalah beberapa kriteria jenis pelanggan Internet website anda

  • Subscribers
  • Freebie seekers
  • SEO Traffic
  • Affiliate Traffic
  • Customers
  • “Regulars”

Ketika anda melihat daftar diatas ada 6 kriteria pelanggan yang menuju ke website anda, itu memang benar. Namun saya mengerucutkan lagi menjadi hanya 3 jenis lalu lintas:

Lalu lintas tipe A, sangat penting untuk kesuksesan bisnis Anda karena membawa orang langsung ke depan pintu anda. Contohnya, pikirkan seorang supir taksi, yang masing-masing merekomendasikan tarif yang menurut mereka akan anda beli/bayar. Mereka memberikan informasi ongkosnya tepat di depan pintu rumah Anda, mengantarkan anda tepat didepan pintu.  (after a first, initial visit to check you out and make sure you’ll please their clients – who will give them big tips!)

Lalu lintas tipe B, adalah pelanggan yang benar benar membutuhkan produk anda, mereka tahu apa yang mereka butuhkan, dan anda memilikinya.

Type C are window shoppers, mereka akan menjangkau website anda namun terlebihdahulu mereka akan berkeliling untuk mengahbiskan banyak waktu untuk browsing, jika informasi dalam website anda tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan, atau konten anda kurang menarik daripada website kompetitor, mereka tidak akan segan segan untuk langsung menutup website anda, dan ini akan memiliki pengaruh terhadap bounce rate.

Sekarang kita memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana semuanya bekerja, mari kita mengalihkan fokus kita ke metode penanganan yang efektif dan memperluas semua lalu lintas yang rumit itu. Tanpa pernah melupakan tujuan besar kita.

“Namely, to explode your sales, and solidify and prosper your business!” Am I wrong?