Image credit: meineresterampe

S1E2: Pentingnya sebuah Newsletter.

Bagaimana promosi yang tepat untuk bisnis saya? Saya sudah melakukan promosi, namun pelanggan saya sedikit? Berawal dari pertanyaan seperti itu, saya tertarik untuk berbagi tulisan tentang sebuah pemasaran dalam dunia digital marketing. Tarik pelanggan anda, sekuat magnet yang menarik besi.

 

Tulisan kali ini merupakan kelanjutan dari seri tulisan “Mendapatkan & Mengelola 10.000 subscribers Pertama,” untuk tulisan saya sebelumnya bisa dibaca disini. Dalam tulisan sebelumnya saya sudah membahas tentang persiapan, sebuah modal dasar yang harus dipenuhi untuk menarik dan mengelola pelanggan. Kali ini saya akan berbagi tentang cara menarik mereka, dan saya mengibaratkan sebuah magnet yang sedang menarik besi. Sekuat itu? Ya! Kita akan belajar dan sharing disini.

Kenapa harus magnet? Ini adalah perumpamaan, sebuah cara yang dapat membuat pelanggan anda terpikat untuk mengunjungi website dan membeli produk yang anda jual. Dan mengapa harus sekuat magnet, karena dalam perjalanan hidup saya saya belum pernah menjumpai benda yang dapat menarik benda lainnya dengan kuat seperti magnet. Dan saya mencoba untuk mengaplikasikannya dalam sebuah konsep digital marketing. Why not? Mari kita coba.

Okay, kita mulai dengan memahami definisi dari magnet ini. Magnet, yang saya maksud disini adalah sebuah konten promosi, it’s a sign of incentive.

Lalu bagaimana membuat sebuah magnet promosi untuk menarik pelanggan dalam konsep digital marketing? Well, kita mungkin sudah banyak mengunjungi website penjualan yang memberikan beragam promosi dalam laman mereka, seperti sebuah ebook gratis, kode promosi, atau bahkan sebuah souvenir menarik. Mungkin bisa dilihat dalam contoh dibawah ini.

Lalu muncul pertannyaan, mengapa hal ini begitu menjadi penting? Ini merupakan sebuah hubungan timbal balik, anda memberikan seuatu yang menarik dan “gratis,” lalu anda akan mendapatkan nama dan alamat email mereka. Sebuah database baru akan mengisi daftar anda, tentu ini dapat anda gunakan untuk email promosi selanjutnya. Come on, anda sudah menyadarinya bukan? Itu harus dilakukan.

Lanjut ke pertanyaan selanjutnya. Saya sudah melakukan promosi seperti itu, pengunjung saya banyak namun pelanggan saya masih sedikit? Pelanggan disini dapat diartikan orang yang berlangganan newsletter, dan orang yang sudah membeli produk anda. Apa yang harus saya lakukan? Ibarat sebuah ember air dan sebuah akuarium, dimana air saya ibaratkan pengunjung anda, sedangkan ember adalah website anda, dan akuarium adalah newsletter database. Jika anda mengisi air, lalu kemudian ingin memindahkannya kedalam akuarium, namun volum air yang tertuang tidak lagi sama dengan kondisi awal, berarti ada kebocoran dalam ember anda bukan?

Digital Marketing | Afrizzal P. Pratama

Image credit: Amber Avalona

Contoh, ada 1000 orang visitor yang mengunjungi website anda, otomatis 1000 orang disini melihat konten promosi yang telah anda buat, bukan? Namun, apakah akan ada 1000 orang juga yang akan me-klik tautan promosi anda? Tergantung berapa banyak lubang kebocoran, lubang lubang itulah yang mem-presentasikan masalah anda. Semakin banyak lubang, semakin banyak orang yang tidak tertarik dengan promosi anda, karena semakin sedikit air dalam ember. You know what I mean.

Buat yang masih belum memulai promosi, setidaknya anda bisa belajar dari kasus ini agar tidak mengalami hal serupa dalam perjalanan anda. Kembali ke permasalahan awal, apa yang kemudian menyebabkan lubang kebocoran itu umumnya adalah hal yang paling sering mempengaruhi pelanggan anda yakni konten promosi; Menariknya konten promosi anda, berbanding lurus dengan jumlah database pelanggan anda. Maka dapat disimpulkan bahwa konten yang menarik adalah magnet terkuat untuk menarik pelanggan anda.

 

Lalu bagaimana membuat konten yang menarik?

Image credit: LeeChangmin

Pertama, dapatkan perhatian dari pengunjung atau pelanggan anda. Jadilah menonjol, buatlah beberapa pop-up promosi, dan tawarkan sesuatu yang berbeda di setiap pop-upnya. Pilihlah tema desain yang menarik dan sesuai dengan website anda.

Kedua, Mengatasi ketakutan mereka adalah tantangan terbesar kita. Seberapa banyak dari anda yang berfikir berlangganan sebuah newsletter adalah hal yang menjengkelkan. Mereka akan berfikir tentang promosi yang datang terus menerus ke inbox mereka. Inilah tantangan kita selaku pemilik bisnis, be creative bro. Untuk bagian ini akan saya bahas di tulisan saya selanjutnya.

Ketakutan Pelanggan

Image credit: Alexas_Fotos

Ketiga, Is useful. Seberapa berguna Konten promosi anda untuk calon pelanggan anda? Jika anda menemui sesorang dijalan, dan dia menawarkan sesuatu yang tidak anda minati, atau bahkan tidak anda butuhkan. Masihkah anda tertarik dengan penawrannya?

Time | Afrizzal P. Pratama

Ke empat, Beritahukan kepada pelanggan apa yang ingin mereka ketahui. Untuk pembahsan mengenai poin ini sudah saya singgung dalam tulisan saya selanjutnya,

Okay saya rasa dari penjelasan saya anda dapat memahami akan pentingnya sebuah konten promosi dalam dunia digital marketing. Jika anda memiliki sebuah pengalaman yang ingin dibagikan silahkan komentar di bawah ini, share ke sosial media anda jika menurut anda tulisan saya bermanfaat.